Virus Jumawa



Saya berdoa semoga kita tidak tertular virus jumawa dari iblis. Saat ditanya oleh Alloh mengapa iblis menolak sujud pada Adam, dengan entengya iblis menjawab: "Aku lebih baik daripada dia. Aku Engkau ciptakan dari api, sedangkan Ia engkau ciptakan dari tanah..."

Bandingkan dengan ini:

"Aku lebih pinter ketimbang dia. Nilaiku 95, Nilai dia cuma 70"

atau,

"Aku lebih keren ketimbang dia. Aku kerja di MNC, gajiku 8,7 juta sebulan. Sedangkan dia cuma guru, dan gajinya nggak sebesar gajiku"

atau,

"Aku lebih soleh ketimbang dia. Aku tahajud tiap malem, tilawah 1 juz sehari, dan kalau sholat selalu berjamaah di masjid. Sedangkan dia...bla bla bla"

mirip bukan?

Jangan2 itu sering kita lakukan, meski tersirat di dalam hati dan dalam bentuknya yang lain.

#Semoga jadi bahan muhasabah buat kita semua

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Berhenti Liqo? (II)

Mengenal Gerakan Islam di Indonesia

Mengapa Muhammadiyah?