Triwulan 1 di MB IPB (III)




Sambungan dari Triwulan 1 di MB IPB (II)

Sistem Informasi Manajemen

Intinya: Sistem informasi itu penting diterapkan kalau sebuah bisnis itu mau maju. Sistem informasi bikin yang sulit jadi mudah, yang kompleks jadi sederhana, dan yang lambat jadi cepat, tentu dengan asumsi sistemnya bisa dijalankan dengan baik. Kalau semua atribut itu bisa dimiliki, perusahaan akan lebih efisien menjalankan aktivitasnya. 

Untuk membangun sistem informasi tentunya sudah ada ahlinya tersendiri. Yang penting bagi seorang pebisnis adalah sebelum membangun sistem informasi, dia harus benar-benar tahu apa yang ia mau dan apa yang dia butuhkan. Para ahli yang akan membuat sistem informasi ini sebenernya butuh dikte, butuh arahan sistem yang ingin dibuat itu seperti apa. Kalau dikte, arah, identifikasi kemauan itu sudah jelas, insyaAlloh sistemnya bisa dibuat sesuai permintaan. Yang penting semua itu dikomunikasikan dengan jelas tanpa ada perbedaan penafsiran antara pebisnis dan ahli SI. Yang sering terjadi adalah sistem sudah canggih-canggih dibuat tapi ternyata tidak sinkron dengan kemauan pemilik bisnis. Ini yang perlu dihindari.

Bagi perusahaan, kalau memang dia punya sumberdaya yang ahli, bisa membuat sendiri sistemnya. Tapi bagi perusahaan yang memang tidak punya, membeli sistem atau outsourcing sistem bisa digunakan di perusahaan. 

Yang juga tidak boleh dilupakan, ada proses konversi atau pergantian dari sistem yang lama ke sistem yang baru yang juga harus diperhatikan. Salah dalam konversi, bisa muncul masalah.

Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis

Mata kuliah ini unik, karena tidak diajarkan oleh dosen di MB IPB sendiri, tapi mendatangkan tamu dari luar. Tamu yang diundang biasanya sosok yang memang sudah reputable dan berpengalaman mengelola bisnis. Biasanya tamu itu adalah CEO di bisnisnya masing-masing. Jadi setiap jadwal kuliah, tamu yang tiap pekan berbeda itu diminta untuk sharing pengalaman bisnisnya ke mahasiswa. Makanya sharing ini juga sering kami sebut CEO Forum, artinya forum tempat terjadinya diskusi dengan CEO yang diundang. Nah dari sharing pengalaman itulah mahasiswa memperoleh perspektif praktis dari ilmu yang dipelajari. Jadi kami pun senang teori yang dipelajari di kuliah biasa tidak semata-mata teori tapi bisa dilihat bagaimana relevansinya dengan pengalaman bisnis di dunia nyata. Asyiknya juga, mata kuliah ini terus ada sampai triwulan IV nanti. 

Di Triwulan I sejauh ini ada 6 sosok yang diundang. Pertama Bapak Doni Rahayu. salah satu direksi di Sinar Mas, kemudian ada juga Pak Triono Piryadi, pemilik usaha budidaya jamur tiram ASA, Pak Mahendra Kusuma owner PT. Fujimelasari, Pak Darwin Silalahi direksi di PT. Shell Indonesia, Pak Dondin Suyuthi pakar satwa sekaligus bisnisman hewan primata IPB, dan Pak Agus Somamiharja expert di bisnis budidaya udang. Ada banyak sekali inspirasi di mata kulian ini. Mudah-mudahan lain kali bisa saya bagi di sini

==========

Kuliah magister ini mungkin salah satu pengalaman terbaik yang Alloh hadirkan buat saya. Meski jujur kuliah di MB adalah rencana pribadi yang sifatnya sekunder tapi banyak sekali Alloh tunjukkan hikmahnya sampai sekarang ini. Di sini selain mengenal berbagai sosok dengan latar belakang yang beragam, saya juga belajar pelajaran hidup bahwa ilmu itu sesungguhnya memang bukan untuk dibangga-banggakan apalagi dipamerkan. Ilmu adalah untuk dimanfaatkan, untuk menebar kebaikan buat dunia. Sehingga pribahas padi makin berisi makin menunduk akan terus relevan sampai kapan pun. Saat saya belajar sesuatu yang baru, saya pun semakin sadar bahwa banyak yang tidak saya tahu. Alangkah lucunya diri ini kalau sok mengomentari sesuatu yang sebenarnya tidak saya pahami ilmunya. Oleh karenanya saya pun harus semakin berhati-hati. Kalau dengan belajar lantas kita bisa lebih berhati-hati, mudah-mudahan itu tanda bahwa Alloh ridho dan sedang menjaga kita :-)

Alhamdulillah.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Berhenti Liqo? (II)

Mengenal Gerakan Islam di Indonesia

Mengapa Muhammadiyah?