Liburan ke Kolam Renang Fishing Valley [Review]

Salah satu spot di kolam renang Fishing Valley

Berenang bisa jadi salah satu alternatif mengisi liburan buat anak-anak. Selain nature-nya anak-anak yang kebanyakan suka main air, berenang juga melatih kebugaran dan motorik mereka. Selain itu di daerah perkotaan sekarang sudah cukup banyak alternatif tempat main air yang tersedia, jadi orangtuanya juga punya lebih banyak pilihan.

Dari sekian banyak pilihan itu, saya pribadi punya preferensi tempat yang tidak terlalu ramai, dikelola secara professional, fasilitasnya memadai, dan harganya terjangkau. Singkat cerita, setelah browsing-browsing pilihan kami liburan jatuh kepada kolam renang yang ada di area Fishing Valley, Karadenan, Bogor.

Kolam renang di tempat ini adalah satu di antara obyek rekreasi yang ada di sana, selain tempat pemancingan tentu saja (sesuai namanya), tempat untuk outbond, dan restoran. Areanya sendiri cukup sederhana, dan yang saya suka adalah areal parkirnya yang luas dan lega. Tiket masuk kolam renangnya Rp 30 ribu/orang untuk weekend, Rp 25 ribu/orang untuk weekdays, dan gratis untuk anak di bawah 1 tahun.



Fasilitas di areal kolam renangnya cukup lengkap meski tidak terlalu besar. Setelah masuk, kita akan dihadapkan pada pelataran tempat makan yang di sekitarnya ada banyak gerobak jajan. Tempat buat duduk yang ada payungnya itu juga banyak. Jadi dalam kondisi normal kita gak perlu khawatir gak dapet tempat. Ada fasilitas penyewaan ban, loker, toilet dan kamar ganti tentu saja. Oh iya ada lifeguardnya juga.

Kolamnya sendiri ada 5 buah. Satu agak terpencil di sisi samping, yang dari bentuknya sepertinya diperuntukkan untuk kejuaraan. Tapi ketika tidak ada event kolam ini bebas dipakai umum. Adapun keempat kolam lainnya letaknya mengumpul di tengah. Satu kolam untuk balita karena cetek, dua kolam agak lebih dalam untuk anak-anak, dan yang satu sisanya untuk dewasa. Di tiga kolam yang pertama ada wahana air standar: perosotan dan pancuran. Sebagian perosotan untuk anak-anak dan beberapa di antaranya dipasang tulisan hanya untuk anak-anak di bawah 10 tahun. Tapia ada juga perosotan yang agak besar yang bisa untuk orang dewasa, namun ada catatan untuk perosotan ini yang nanti akan saya sampaikan.

Jadi langsung ke impresi saya:

Keunggulan:
  1. Lokasi strategis, di pinggir jalan besar dan gak telalu jauh dari pusat Kota Bogor.
  2. Parkiran luas,
  3. Tempat cukup nyaman dan tidak terlalu ramai meski di weekend,
  4. TIket masuk relatif murah,
  5. Fasilitas cukup memadai: tempat untuk duduk, kamar ganti, dan pilihan jajan cukup banyak. 
Kekurangan:
  1. Toilet jumlahnya terbtas
  2. Air di kamar ganti asalnya dari sumur bor dan gak seluruhnya mengalir (jadi harus dicek dulu sebelum dipakai),
  3. Kamar ganti tidak menggunakan pintu, melainkan hanya tirai penutup,
  4. Tingkat kemiringan perosotan dewasanya lumayan curam (paling curang di antara seluruh perosotan kolam renang yang pernah saya coba). Dari sisi safety, saya pribadi merasa ada factor risiko kalau pengunjung tidak hati-hati.
Berikut ini foto-fotonya






Akhir kata, untuk liburan-liburan casual spot ini bisa jadi salah satu alternatif. Untuk kolam renang dengan tiket masuk seharga Rp 30 ribu, menurut saya isinya cukup memadai. Setidak-tidaknya maksud liburan akan tetap terpenuhi dan anak-anak jadi lebih gembira.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Berhenti Liqo? (II)

Mengenal Gerakan Islam di Indonesia

Mengapa Muhammadiyah?